Implikasi Teori Pemrosesan Informasi Robert Mills Gagne di Sekolah Dasar

Authors

  • Jannati Aliyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Tri Alawiyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Ermis Suryana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Abdurrahmansyah Abdurrahmansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2181

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui implikasi teori pemrosesan informasi menurut tokoh Robert M. Gagne di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan cara penelaahan secara kritis dan mendalam terhadap bahan pustaka yang relevan dengan bahan makalah seperti buku dan jurnal yang layak dijadikan referensi. Teori pemrosesan informasi adalah model pembelajaran yang menitikberatkan pada aktivitas yang terkait dengan kegiatan proses atau pengolahan informasi untuk meningkatkan kapasitas siswa melalui proses pembelajaran. Model pemrosesan informasi ini didasari oleh teori belajar kognitif dan berorientasi pada kemampuan peserta didik memproses informasi yang dapat memperbaiki kemampuannya. Teori ini merupakan teori yang mengarahkan bagaimana mendapatkan maupun menerima menunjuk bagaimana cara menyatukan maupun menerima stimulus dalam lingkungan, mengatur atau menyusun data, pemecahan permasalahan, mengetahui konsep, maupun memakai tanda-tanda verbal dan tidak verbal. Dengan adanya teori pemrosesan informasi ini merupakan pembelajaran yang mengutamakan untuk kegiatan mengenai dengan setiap proses pada bagian pengelolahan informasi agar meningkatnya kompetensi peserta didik dengan tahap demi tahap dalam pembelajaran.

Published

2023-10-01

How to Cite

Aliyah, J. ., Alawiyah, T. ., Suryana, E. ., & Abdurrahmansyah, A. (2023). Implikasi Teori Pemrosesan Informasi Robert Mills Gagne di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7562-7568. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2181