Literatur Review Efektifitas Metode BCCT (Beyond Centers and Circle Time) pada TK dan PAUD di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2104Abstract
Kurikulum berbasis bermain saat ini banyak digunakan dalam program pendidikan anak usia dini (PAUD). Karena bermain terbukti dapat membantu mereka mengembangkan pengaturan diri, bahasa, kognisi, dan kompetensi social. Salah satu metode berbasis permainan yang paling dikenal adalah BCCT (Beyond Centers and Circle Time) yang diadaptasi dari Amerika Serikat. Makalah ini akan menjabarkan sejumlah literatur akademik dan penelitian terkait untuk efektifitas dan implementasi metode Beyond Centers dan Circle Time (BCCT) pada program PAUD di Indonesia. Berdasarkan hasil pencarian 11 artikel melaporkan bahwa metode BCCT telah terbukti di berbagai lokasi PAUD bila diterapkan dengan baik dan benar memiliki efektifitas yang baik dan dapat meningkatkan delapan kecerdasan yaitu kecerdasan linguistik, logis matematis, spasial, musical, kinestetik, interpersonal, intrapersonal dan naturalis.