Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP Berlandaskan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Beringin
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1829Abstract
Artikel ini ditulis dengan tujuan agar peneliti mengetahui bagaimana tingkat kemampuan seorang guru dalam menyusun RPP, dimana RPP adalah sebuah perangkat utama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di SMAN 1 BERINGIN. Keberhasilan guru dalam menyusun RPP menjadi salah satu program yang mendorong penerapan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru yang menerapkan kurikulum 2013 di SMAN 1 BERINGIN. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Beberapa hambatan yang dialami guru saat membuat RPP adalah: (1) Tidak mendapatkan pelatihan kurikulum 2013, (2) penggunaan komputer dan internet, (3) penyusunan indikator. Berdasarkan hasil survey dapat dijelaskam bahwa RPP yang dibuat kurang sesuai dengan implementasi kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa banyak lagi guru yang kurang kompeten dalam menyusun RPP sehingga perlu digalakkan Kembali program pelatihan terhadap guru mata pelajaran agar guru mampu menyusun RPP dengan baik.