Efektivitas Pembelajaran Flipped Classroom sebagai Solusi Pembelajaran Pasca Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1746Abstract
Model pembelajaran flipped classroom memberikan pembelajaran secara daring dan luring oleh instansi pendidikan kepada murid. Model pembelajaran flipped classroom menjawab tantangan pendidikan pasca pandemi dengan menghadirkan peran wali murid dalam memantau dan membimbing murid belajar dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan informasi mengenai model pembelajaran flipped classroom sebagai solusi pembelajaran pasca pandemi. Metode yang digunakan adalah kualitatif - studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah berjumlah 5 dan guru berjumlah 21 yang mengampu di SD Muhammadiyah se-Kapanewon Tempel, Sleman, DIY. Subjek ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Prosedur penelitian menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana. Teknik analisis data menggunakan bantuan software oleh data atlas.ti versi 8.3. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran flipped classroom sebagai solusi pembelajaran pasca pandemi memiliki berbagai faktor yaitu pendidikan pasca pandemi; kepemimpinan pendidikan pasca pandemi; model pembelajaran flipped classroom; komponen kognitif; dan komponen afeksi. Implikasi dari penelitian ini yaitu membuka ranah ilmu secara ilmiah terkait penerapan model pembelajaran flipped classroom dalam menjawab tantangan penyelenggaraan pendidikan pasca pandemi.