Efektivitas Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas III SD Negeri Salatiga 02 dan SD Negeri Salatiga 03 Semester 1 Tahun Pelajaran 2022-2023
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1309Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat efektivitas pendekatan saintifik terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas III SD Negeri Salatiga 02 dan SD Negeri Salatiga 03 Semester 1 Tahun Pelajaran 2022-2023. Jenis penelitian ini adalah experimental design. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas III SD Negeri Salatiga 02, berjumlah 30 orang dan kelas III SD Negeri Salatiga 03 berjumlah 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji T-test dan uji N-gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Paired Sample T-test diketahui nilai signifikansi (sig. 2-tailed) pada penelitian ini sebesar 0,000 hal ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan efektivitas pendekatan saintifik terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas III SD Negeri Salatiga 02 Dan SD Negeri Salatiga 03 semester 1 tahun pelajaran 2022-2023. Hasil perhitungan uji N-gain score diketahui pada nilai rata-rata N-gain score pada kelas Kontrol adalah sebesar 14,41%, yang mana nilai ini termasuk dalam kategori tidak efektif. Sedangkan, nilai rata-rata kelas Eksperimen adalah sebesar 71%, nilai ini termasuk dalam kategori efektif. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik efektif terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas III SD Negeri Salatiga 02 Dan SD Negeri Salatiga 03 semester 1 tahun pelajaran 2022-2023.