Efektifitas Komite Sekolah dalam Pengembangan Sekolah yang Efektif di Sekolah Dasar Negeri 55/1 Sridadi

Authors

  • Yantoro Yantoro Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Indonesia
  • Yunsacitra Yunsacitra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Indonesia
  • Ema Methalia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1261

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas Komite Sekolah dalam Pengembangan Sekolah Efektif di SDN 55/I Sridadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pengurus Komite Sekolah, wakil kepala sekolah, guru, orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan mengacu konsep dari Lexy J. Moleong yaitu pemeriksaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran komite sekolah dalam pengembangan sekolah efektif di SDN 55/I Sridadi ilakukan melalui peran Komite Sekolah sebagai badan pertimbangan, badan pendukung, badan kontrol dan badan mediator. Peran Komite Sekolah dalam pengembangan sekolah efektif di SDN 55/1 Sriadi telah berjalan, meskipun masih ada beberapa kekurangan. Peran Komite Sekolah dalam pengembangan sekolah efektif di SDN 55/1 Sridadi dapat dilihat ketika rapat koordinasi dan pertemuan-pertemuan rutin, seperti dalam penyusunan dan pengesahan RAPBS, program sekolah, perencanaan pembangunan, dan sarana prasarana sekolah.

Published

2022-12-02

How to Cite

Yantoro, Y., Yunsacitra, Y., & Methalia, E. (2022). Efektifitas Komite Sekolah dalam Pengembangan Sekolah yang Efektif di Sekolah Dasar Negeri 55/1 Sridadi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5696-5699. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1261