Efektifitas Komite Sekolah dalam Pengembangan Sekolah yang Efektif di Sekolah Dasar Negeri 55/1 Sridadi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1261Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas Komite Sekolah dalam Pengembangan Sekolah Efektif di SDN 55/I Sridadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pengurus Komite Sekolah, wakil kepala sekolah, guru, orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan mengacu konsep dari Lexy J. Moleong yaitu pemeriksaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran komite sekolah dalam pengembangan sekolah efektif di SDN 55/I Sridadi ilakukan melalui peran Komite Sekolah sebagai badan pertimbangan, badan pendukung, badan kontrol dan badan mediator. Peran Komite Sekolah dalam pengembangan sekolah efektif di SDN 55/1 Sriadi telah berjalan, meskipun masih ada beberapa kekurangan. Peran Komite Sekolah dalam pengembangan sekolah efektif di SDN 55/1 Sridadi dapat dilihat ketika rapat koordinasi dan pertemuan-pertemuan rutin, seperti dalam penyusunan dan pengesahan RAPBS, program sekolah, perencanaan pembangunan, dan sarana prasarana sekolah.