Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Pasca Pandemi

Authors

  • Anita Rahmawati Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, Indonesia
  • Nur Syariful Amin Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, Indonesia
  • Nikman Azmin Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, Indonesia
  • Muh. Nasir Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, Indonesia
  • Ahmad Sandi STKIP Bima

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1256

Abstract

Kurikulum merupakan hal yang penting bagi berjalannya kegiatan pendidikan, tanpa kurikulum pendidikan tidak akan berlangsung dengan baik sesuai apa yang diinginkan. Dalam kurikulum terdapat seperangkat rencana dan pengaturan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui analisis pelaksanaan K13 pasca pandemi. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan dan peningkatan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 2 Kota Bima. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pada saat pembelajaran guru telah menerapkan kurikulum 2013, terbukti dari 92,83% sesuai dengan pedoman Kurikulum yang dibuat oleh Pemerintah berjalan dengan baik, dan hanya 5,67% yang cukup sesuai.

Published

2022-12-01

How to Cite

Rahmawati, A., Amin, N. S. ., Azmin, N. ., Nasir, M. ., & Sandi, A. . (2022). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Pasca Pandemi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5278-5281. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1256