Kemampuan Numerik pada Anak SD yang Memiliki Latar Belakang Keluarga TKW

Authors

  • Dita Febrianti Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Mohammad Syaffruddin Kuryanto Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1253

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis  kemampuan  numerik  anak  SD  pada  keluarga  TKW. Hasil Analisis kemampuan numerik anak SD pada keluarga TKW Desa Plukaran Gembong Pati, adalah sebegai berikut, siswa yang berkonsentrasi ketika pembelajaran mata pelajaran numerik dapat dikatakan baik karena dari 2 indikator dari segi perilaku kognitif, afektif dan psikomotorik, dari segi kognitif dan psikomotorik siswa telah memenuhi sebagian besar aspek tersebut. Kebanyakan siswa di kelas I & V mampu cepat tanggap mengenai materi, sama halnya dari segi perilaku psikomotorik siswa. Selain itu dari segi perilahu afektif siswa yang dailihat dari siswa yang dapat memperhatikan penjelasan materi yang diberikan guru dengan baik, namun masih ada atau terjadi kondisi siswa yang mengobrol saat pembelajaran dan bermain sendiri, hal tersebut tentu dapat mengganggu konsentrasi siswa ketika guru menyampaikan materi. Simpulan dari penelitian ini yaitu kemampuan numerik siswa SD pada keluarga TKW masih rendah, kemampuan dalam pemahaman materinya rendah dan dampaknya pada hasil belajar dibawah KKM.

Published

2022-12-02

How to Cite

Febrianti, D., Kuryanto, M. S., & Riswari, L. A. (2022). Kemampuan Numerik pada Anak SD yang Memiliki Latar Belakang Keluarga TKW. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5700-5705. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1253