Efektivitas Penerapan Pembelajaran Saintifik Berbantuan Media Gambar pada Materi Pecahan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Salatiga 03

Authors

  • Cherli Armando Kefi Program Studi S1 PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Krisma Widi Wardani Program Studi S1 PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1237

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan penerapan pembelajaran saintifik berbantuan media gambar pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian Pre-Experimental Design dengan menggunakan tipe One Group Pre-test Post-test Design pada penelitian ini peneliti mengambil siswa kelas III SD Negeri Salatiga 03 sebagai subjek yang akan diteliti. Teknik pengumbulan data pada penelitian ini dilakukan dengan diberikan tes sebanyak 2 kali, yaitu tes awal (pre-test) dan tes ahir (Post-test), Tes tersebut berupa soal pilihan ganda, dari hasil Pre-test Post-test dilakukan uji efektivitas berdasarkan hasil N-gain score. Pada hasil diketahui nilai efektifitas dari penerapan pendekatan saintifik berbantuan media gambar terhadap siswa kelas III di SD Negeri Salatiga 03 mencapai 66,9 yang diinterpretasikan Cukup Efektif. Sehingga berdasarkan hasil data penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik berbantuan mendia gambar sangat efektif untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri Salatiga 03 pada materi pecahan.

Published

2022-12-01

How to Cite

Kefi, C. A., & Wardani, K. W. (2022). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Saintifik Berbantuan Media Gambar pada Materi Pecahan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Salatiga 03. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5318-5324. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1237