Penerapan Teknik Reward dan Punishment dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun di TK Melati Kragilan

Authors

  • Nurmayuni Tria Riza Universitas Sultan Agung Tirtayasa, Indonesia
  • Kristiana Maryani Universitas Sultan Agung Tirtayasa, Indonesia
  • Fahmi Fahmi Universitas Sultan Agung Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1194

Abstract

Penerapan teknik reward dan punishment dalam mengembangkan karakter disiplin anak usia 5-6 tahun di TK Melati Kragilan ini memiliki peran yang baik bagi anak, yang bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik reward dan punishment kepada anak usia 5-6 tahun di TK Melati Kragilan, mengetahui cara mengembangkan karakter disiplin kepada anak usia 5-6 tahun di TK Melati Kragilan, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan teknik reward dan punishment dalam mengembangkan karakter disiplin anak usia 5-6 tahun di TK Melati Kragilan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Validasi dilakukan dengan cara perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, member check, analisis kasus negatif, dan kecukupan referensial. Hasil analisis data menyatakan bahwa: 1) teknik reward dan punishment usia 5-6 tahun di TK Melati Kragilan ini sudah mulai berkembang dengan baik; 2) mengembangkan karakter disiplin di TK Melati Kragilan ini sudah berkembang dengan baik; 3) faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung yaitu a) guru kelas yang selalu menerapkan pembiasaan disiplin; b) sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan. Faktor penghambat yaitu emosi atau suasana hati anak yang kurang baik.

Published

2022-12-02

How to Cite

Riza, N. T., Maryani, K., & Fahmi, F. (2022). Penerapan Teknik Reward dan Punishment dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun di TK Melati Kragilan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5667-5672. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1194