Retorika Nation Branding dalam Pesona Indonesia sebagai Media Pemasaran Pariwisata Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1192Abstract
Promosi pariwisata merupakan aspek yang kini menjadi fokus pemerintah dalam meningkatkan potensi sektor pariwisata. Meski aspek infrastruktur juga penting, tetapi perbaikan infrastruktur memakan waktu lebih lama daripada promosi. Salah satu langkah konkret pemerintah Indonesia untuk mempromosikan pariwisata adalah dengan meluncurkan “Pesona Indonesia” sebagai nation branding yang merepres-entasikan daya Tarik pariwisata di Indonesia. Pesona Indonesia merupakan channel yang dibuat oleh Kementerian Parwisata untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia. Selain tersedia dalam bentuk layanan website, calon wisatawan juga dapat melihat video cinematic terkait pariwisata di Indonesia. Hal tersebut dimaksudkan agar dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut. Semakin banyak wisatawan yang berkunjung, maka akan semakin besar pula pendapatan negara dari sector pariwisata. Penjelasan setiap tempat pariwisata di ‘Pesona Indonesia’ menggunakan bahasa yang sangat menarik. Dari hasil penelitian diketahui terdapat dua jenis bentuk retorika yang sering dipakai yakni yang berup diksi dan gaya bahasa.