Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Numerasi pada Kurikulum Merdeka Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1177Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi menurunnya kemampuan numerasi peserta didik di kelas rendah akibat pandemi Covid-19. Penelitian ini kemudian dilakukan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan numerasi peserta didik pada Kurikulum Merdeka yang diterapkan pasca pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan di SD Negeri Kesongo 01 Tuntang. Penelitian menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain pre-experimental dengan one group pre-test posttest. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas 1 yang berjumlah 20 peserta didik. Tahap penelitian yang dilakukan yaitu pre-test, penerapan pembelajaran dengan model Problem Based Learning, dan post-test. Hasil nilai rata-rata pre-test adalah 75 dan post-test 93. Hasil Uji Normalitas menunjukkan data terdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Uji Paired Sample T-test menunjukkan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 maka terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan numerasi peserta didik kelas 1 SD Negeri Kesongo 01 Tuntang. Dengan demikian diperlukan variasi model pembelajaran dan latihan soal-soal dalam peningkatan kemampuan numerasi peserta didik di sekolah dasar.