Implementasi Manajemen Pembelajaran Tahfidz AL-Quran
MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1164Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan program tahfidz di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Klaten dan memberi masukan kepada lembaga terkait untuk memajukan program tahfidz di lembaga tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif atau lapangan dengan menggunakan pendekatan fenomenologis tentang pembelajaran tahfidz al-Qur'an.Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dimulai dengan pengumpulan data ,reduksi, penyajian, dan mengambil kesimpulan sedangkan metode yang digunakan metode deduktif yang meneliti dari kejadian-kejadian umum dan kemudian direduksi menjadi bagian kecil atau khusus. Dengan berdasarkan temuan yang ditemui peneliti dilapangan kemudian dapat disimpulkan bahwa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Klaten memiliki manajemen pembelajaran tahfidz yang baik diantaranya dalam perencanaan materi, pengelolaan waktu, metode yang digunakan, dan penilaian yang terstrukstur.Pengorganisasian yang dikelola melalui penanggung jawab yang telah disusun dan terstruktur dalam bentuk organisasi. Pelaksanaan pembelajaran yang tercencana dalam bentuk program tahunan, dan evaluasi pembelajaran melalui ujian tahfidz. Diantara faktor pendukung dalam menejemen ini adalah kesungguhan santri, pembentukan halaqoh khusus, motivasi asatidzah,target setiap tahun. Faktor penghambat dalam menejemen ini diantara lain pengoptamalan waktu, kehadiran ustadz di halaqoh, lemahnya tajwid santri.Masukan dari peneliti yakni evaluasi bulanan yang berbentuk tabel dan absen kehadiran asatidzah dengan menambahkan kolom waktu.